Jakarta - Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengadakan Rapat

Koordinasi perihal Kawasan Perdesaan bersama Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan di Ruang Rapat BPI Gedung A, Kemendesa, PDTT, Selasa (09/01)

 

Rapat dipimpin oleh Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, DTT, Ivanovich Agusta dan dihadiri oleh Eselon II di lingkungan BPI dan PDP. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Pusat Penyusunan Keterpaduan Rencana Pembangunan DDTT, Laode Muhajirin memaparkan materi tentang Pembahasan Arah Kebijakan, Fokus, dan Lokus Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Tahun 2025- 2029.

 

Adapun poin kesepakatan yang dihasilkan yaitu akan dilakukan evaluasi dan revitalisasi, Tata Ruang Desa perlu teknokratik dan partisipatif. Kemendesa PDTT akan fokus pada poin menurunkan angka kemiskinan, Menurunkan kesenjangan perdesaan berdasarkan Gini Rasio perdesaan, dan Meningkatkan rerata skor SDGs Desa. Sementara PKP fokus pada Meningkatkan jumlah desa mandiri berdasarkan Indeks Desa1/Indeks Desa Membangun, Menurunkan jumlah desa tertinggal, Menurunkan jumlah desa sangat tertinggal, dan Meningkatkan rerata Indeks Perkembangan Kawasan Perdesaan pada KPPN