Jakarta - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi terus melakukan pemantauan dan pengendalian terkait kinerja Duta Desa Digital. Pasalnya, Duta Desa Digital mempunyai peran strategis dalam mempercepat pembangunan desa berbasis internet. Kali ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melakukan rapat persiapan pengendalian kinerja duta digital fase III untuk terus memantau efektivitas dan kinerja dari Duta Desa Digital. 


Dalam rapat yang dilaksanakan pada hari Senin 4 Maret 2024 diikuti oleh PPK P3PD, TA P3PD, tim kerja evaluasi duta digital fase III dan TPP smart village. Setidaknya ada 3 hasil rapat yang dihasilkan antara lain, tugas dari setiap verifikator RKDD, timeline kerja duta digital fase III dan terdapat 1.660 desa serta setiap orang akan mendampingi 6 duta digital.


Lebih rinci, beberapa pembahasan yang disepakati antara lain, memberikan layanan konsultasi kepada Duta Digital dampingannya terkait program Desa Cerdas, hingga pembangunan dan pengembangan Desa Cerdas. Selain itu ada juga Implementasi pembangunan dan pengembangan Desa Cerdas. Seperti serangkaian kegiatan literasi digital yang diselenggarakan oleh komunitas digital atau kerjasama dengan institusi lainnya, kegiatan jejaring dan peningkatan kapasitas masyarakat bersama mitra jejaring, hingga melakukan promosi kegiatan.


Pada tahap awal juga akan dilakukan sosialisasi di desa dampingan. Sosialisasi awal akan dilakukan mulai dari tingkat desa, masyarakat hingga komunitas. Lokakarya pengembangan desain Desa Cerdas juga mulai dilakukan, sehingga perencanaan pengembangan Desa Cerdas tingkat desa akan jelas.


Beberapa rencana tindak lanjut yang akan dilakukan antara lain membuat rapat konsolidasi terkait kegiatan Desa Cerdas, setiap orang akan memverifikasi 6 duta digital dan 1 duta digital akan mendampingi 5 desa. Adapun, Tujuan dari program Desa Cerdas yaitu dalam rangka percepatan transformasi pembangunan desa yang bertenaga, mandiri, sejahtera, dan demokratis melalui pemanfaatan teknologi.