Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui Pusat Data dan Informasi Badan Pengembangan dan Informasi Desa DTT (Pusdatin BPI) melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis SDGs Desa kepada Kepala Desa se-Kabupaten Aceh Timur. 


Dalam acara yang diselenggarakan di Gedung Makarti Muktitama Kementerian Desa PDTT pada Kamis, 2-3 Mei 2024 dihadiri lebih dari 400 orang. Tidak hanya Kepala Desa, namun Perwakilan Kecamatan hingga DPP APDESI Cabang Aceh Timur juga turut menghadiri Bimbingan Teknis SDGs Desa.


Salah satu fokus materi yang dibahas adalah terkait mekanisme pendataan SDGs Desa hingga proses pengolahan dan analisis data. Namun dalam praktik yang dilakukan Desa, beberapa kendala masih ditemukan seperti sulitnya jaringan internet hingga kendala pada aplikasi SDGs Desa.


Selain itu kendala lain yang muncul saat pendataan adalah anggaran yang terbatas serta kondisi geografis desa yang cukup sulit untuk melakukan pendataan secara langsung. 


Untuk menjawab tantangan tersebut dapat dilaporkan melalui helpdesk. Diharapkan, dengan adanya forum ini dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk bertanya termasuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi terkait pendataan SDGs Desa.