Pontianak - Seiring pesatnya tantangan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta ancaman dan kerentanan yang dapat dieksploitasi untuk menjadi sebuah insiden siber, Badan Siber Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan Kegiatan National Cyber Exercise guna meningkatkan kapasitas kewaspadaan nasional terhadap adanya insiden siber. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Aston Pontianak pada tanggal 13-16 Mei 2024 (13/05).


Peserta kegiatan melibatkan beberapa Kementerian, Lembaga, Universitas, dan Swasta serta Organisasi Perangkat Daerah di Kalimantan Barat. Peserta pelatihan luring yang hadir mencapai 159 orang. Pusat Data dan Informasi, Kemendesa PDTT mengirimkan tiga perwakilannya untuk hadir sebagai peserta pelatihan.


Pelatihan National Cyber Exercise yang diselenggarakan BSSN ini berfokus pada studi kasus serangan malware stealer. Pelatihan yang dilaksanakan memberikan pemahaman tentang bagaimana menanggulangi serangan siber “Malware Stealer” mulai dari penanggulangan insiden, mitigasi inside, investigasi, dan analisis dampak insiden.