Pembahasan Matrik Peran Hasil

  Rabu, 27 April 2022

Koordinator Kelompok Substansi Pengelolaan Urusan Kepegawaian dan Persuratan, Sekretariat Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Sugeng Tririyadi, membuka sekaligus memberikan pengarahan pada Pembahasan Matrik Peran Hasil, Senin (21/03).

Penyusunan Matrik Peran Hasil merupakan salah satu proses yang harus dilakukan dalam rangka persiapan penyusunan Indikator Kinerja Individu. Selain itu, kegiatan ini merupakan implementasi atas mandat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja PNS. Hal ini menjadi sangat penting karena merupakan prasyarat dalam menyusun Sasaran Kinerja Pegawai, tutup Sugeng.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Para Koordinator dan Subkoordinator, serta Tim Kelompok Substansi Pengelolaan Urusan Kepegawaian dan Persuratan, di lingkungan Sekretariat Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Pembahasan di awali dengan pemaparan singkat terkait tugas pokok dan fungsi Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi sebagaimana termaktub dalam Permendesa No. 16 Tahun 2020 tentang Uraian Fungsi Organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Tugas Kelompok Jabatan Fungsional di Lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi juga diselaraskan dengan Perjanjian Kinerja. Selanjutnya, dirinci lebih mendalam secara berjenjang (cascading) dari level Eselon I sampai dengan level pelaksana di masing-masing kelompok substansi dengan memperhatikan butir-butir tugas pada jabatan fungsional terkait.


Koordinator Kelompok Substansi Penyusunan Kebijakan, Rencana Program, Evaluasi dan Pelaporan, Dra. Sudarti, turut memberikan reviu atas matrik peran hasil yang telah disusun oleh Kelompok Subsrtansi Pengelolaan Urusan Kepegawaian dan Persuratan disesuaikan dengan Perjanjian Kinerja Tahun 2022.