Hi Sobat BPI! Tidak terasa kita semakin dekat dengan hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2024. Nah, tentu menyambut Lebaran 2024 ini kita akan mendapatkan libur yang cukup panjang dan harus meninggalkan aktivitas pekerjaan sehari-hari untuk waktu yang lama.


Pasalnya akan ada 28,4 juta orang yang akan libur dan cuti Lebaran 2024 dengan waktu libur dan cuti kurang lebih selama 10 hari. Di waktu yang cukup lama itu tentu Sobat BPI memerlukan perlukan persiapan sebelum meninggalkan pekerjaan, agar Libur Lebaran nyaman dan pekerjaan aman.


Beberapa tips dan langkah bisa dilakukan Sobat BPI sebelum meninggalkan aktivitas kantor untuk melaksanakan mudik lebaran.


Bersihkan Email


Bersihkan inbox email sebelum kamu meninggalkan kantor untuk sementara waktu. Arsipkan email yang perlu ditanggapi saat kamu kembali dari liburan. Bila perlu buat email pemberitahuan otomatis bahwa kamu sedang cuti untuk waktu yang panjang.


Bersihkan Tempat Kerja


Sebelum meninggalkan kantor untuk libur panjang, luangkan beberapa menit untuk merapikan meja kerja. Organisir barang-barang sesuai tempatnya dan simpan dokumen penting di dalam laci. Selain itu, pastikan tidak ada makanan tersimpan yang bisa menimbulkan bau busuk.


Selesaikan Pekerjaan


Jangan menumpuk pekerjaan sebelum meninggalkan pekerjaan dalam waktu lama. Utamakan pekerjaan yang lebih mendesak untuk segera diselesaikan sebelum liburan. Jika perlu, selesaikan seluruh pekerjaan agar liburan kita semakin tenang.


Matikan Komputer


Matikan semua perangkat elektronik yang biasa digunakan untuk menunjang pekerjaan. Bila perlu cabut aliran listrik ke perangkat elektronik. Kondisi ini dapat mencegah berbagai macam risiko yang bisa muncul seperti korsleting.


To do list


Buatlah to do list sebagai acuan pekerjaan yang akan dikerjakan saat kembali masuk kantor. Hal ini penting karena banyak dari kita lupa apa yang harus diprioritaskan setelah kembali dari cuti atau libur yang cukup panjang.